Mengenal Processor - Pintar Network

Latest

Pintar Network merupakan sebuah website yang berisi informasi serta tutorial seputar IT, Network, System, dan Security.


Minggu, 24 Desember 2017

Mengenal Processor

Mengenal Processor

Pengertian Processor

Umumnya pengertian processor ataupun sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 

Prosesor juga sering disebut “Microprosessor”. Bagian terpenting dari prosesor adalah:
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
  • Control Unit (CU) :  Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.
  • Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.


Fungsi Processor

Pada umumnya fungsi processor (prosesor) adalah hanya untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau di input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output. 

prosesor tidak dapat bekerja sendiri namun membutuhkkan dukungan maupun terus berhubungan dengan komponen lain terutama hardisk dan RAM. Dalam memproses sebuah data dapat dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat tergantung kecepatan prosesor tersebut. 

Saat ini kecepatan processor yang paling tinggi ada di kecepatan 4,2 Gigahertz (GHz) artinya dapat membaca 4200 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya, merupakan angka fantastis dalam perkembangan tekhnologi didunia. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas prosesor sebuah komputer.

Untuk segi pengembang atau perusahaan khusus produksi prosesor ada 2 perusahaan terkenal yaitu intel dan AMD. Kedua perusahaan inilah yang banyak membanjiri pasaran processor. Produk keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang bilang kalau ketahanan untuk di pakai berjam-jam maupun berhari-hari intel lebih dapat diandalkan sedangkan bagi para gamers AMD jadi pilihannya karena lebih baik dalam memproses grafik.


Contoh Processor

Berberapa contoh dibawah ini merupakan processor yang saat ini sedang beredar dipasaran, saya hanya akan menyebutkan contoh processor dari dua vendor terkenal yaitu Intel dan AMD

Intel
  1. Intel Core i3
  2. Intel Core i5
  3. Intell Core i7
  4. Intel Celeron
  5. Intel Atom
  6. Intel Pentium R
  7. Intel Xeon
  8. Intel Core 2 duo
  9. dll
AMD
  1. AMD A Series (A4, A6, A8, A10, A12)
  2. AMD FX
  3. AMD E Series (E1, E2, E3, dll)
  4. AMD Athlon X2
  5. AMD Ryzen Series
  6. dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar