Lisensi pada Router Mikrotik - Pintar Network

Latest

Pintar Network merupakan sebuah website yang berisi informasi serta tutorial seputar Jaringan, Komputer dan juga IT.


Monday, April 16, 2018

Lisensi pada Router Mikrotik

lisensi pada mikrotik


Assalamu'alikum wr.wb

Kali ini kita akan belajar mengenai lisensi dari router mikrotik. Perlu diketahui bahwa fitur-fitur yang terdapat pada router mikrotik ditentukan oleh lisensi yang terpasang pada router tersebut. Lisensi juga menentukan batasan upgrade paket-paket router. Semakin tinggi level lisensinya maka akan semakin banyak fitur yang dapat kita gunakan.


Lisensi pada router mikrotik terpasang pada storage/media penyimpanan router seperti hardisk, NAND, USB, Compact Flash. Apabila media penyimpanan diformat non mikrotik (menggunakan software pihak ketiga) maka lisensi yang terdapat pada router mikrotik akan hilang.


Pada router mikrotik terdapat 6 jenis atau level lisensi yaitu :


1. Mikrotik Level 0


Mikrotik Level 0 ini merupakan trial version dari Mikrotik. Lisensi Mikrotik ini gratis dan tidak membutuhkan lisensi untuk penggunaannya. Tapi di Level 0 ini penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.




2. Mikrotik Level 1

Mikrotik Level 1 ini merupakan demo version dari Mikrotik. Mikrotik Level 1 ini hanya dapat difungsikan sebagai routing standar  dengan 1 pengaturan. Dengan fungsi yang terbatas itu, Mikrotik Level 1 ini tidak dibatasi dengan limit waktu untuk penggunaannya.


3. Mikrotik Level 3

Mikrotik Level 3 ini merupakan Mikrotik level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen router ber-interface ethernet. Mikrotik level 3 ini lebih banyak digunakan sebagai CPE/wireless client (Lisensi Level 3CF-CPE), atau point to point. Mikrotik level 3 ini tidak bisa difungsikan sebagai access point dengan multi client.


4. Mikrotik Level 4

Mikrotik Level 4 ini merupakan Mikrotik level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola wireless client atau serial interface. Mikrotik level 4 inilah yang paling banyak digunakan karena mempunyai harga yang murah. Mikrotik level 3 ini tidak bisa difungsikan sebagai access point dengan multi client dengan 200 user aktif.


5. Mikrotik Level 5

Mikrotik Level 5 ini merupakan Mikrotik  level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan wireless AP.  Mikrotik level 5 ini bisa digunakan sebagai aplikasi hotspot dengan 500 user aktif.


6. Mikrotik Level 6

Mikrotik Level 6 ini merupakan Mikrotik semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.  Mikrotik level 6 ini bisa digunakan sebagai aplikasi hotspot dengan user aktif yang tak terbatas.


Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihatnya pada tabel berikut ini :


Level number
1 (DEMO)
3 (ISP)
4 (WISP)
5 (WISPAP)
6 (Controller)
Wireless Client and Bridge
yes
yes
yes
Wireless AP
yes
yes
Synchronous interfaces
yes
yes
yes
EoIP tunnels
1
unlimited
unlimited
unlimited
unlimited
PPPoE tunnels
1
200
200
500
unlimited
PPTP tunnels
1
200
200
unlimited
unlimited
L2TP tunnels
1
200
200
unlimited
unlimited
VLAN interfaces
1
unlimited
unlimited
unlimited
unlimited
P2P firewall rules
1
unlimited
unlimited
unlimited
unlimited
NAT rules
1
unlimited
unlimited
unlimited
unlimited
HotSpot active users
1
1
200
500
unlimited
RADIUS client
yes
yes
yes
yes
Queues
1
unlimited
unlimited
unlimited
unlimited
Web proxy
yes
yes
yes
yes
RIP, OSPF, BGP protocols
yes
yes
yes
yes
Upgrade
configuration erased on upgrade
yes
yes
yes
yes

Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Apabila ada yang masih belum paham dapat bertanya di kolom komentar. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Terimakasih.

Wassalamu'alaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment