Tutorial cara membuat hotspot di CMD - Pintar Network

Latest

Pintar Network merupakan sebuah website yang berisi informasi serta tutorial seputar Jaringan, Komputer dan juga IT.


Wednesday, September 13, 2017

Tutorial cara membuat hotspot di CMD



Assalamu'alaikum wr.wb

Kali ini saya akan membagikan sedikit tips bagaimana cara membuat hotspot tanpa perlu menginstall aplikasi pihak ketiga cukup dengan menggunakan command prompt atau yang biasa disebut CMD. Kali ini kita akan memanfaatkan fitur dari windows yaitu hostednetwork. Namun saya ingin memberi sedikit penjelasan terlebih dahulu, bahwa tidak semua adapter wifi laptop support/mendukung untuk membuat hotspot dari CMD, hal ini dikarenakan driver ataupun adapter wifinya tidak memiliki tersebut.


Baiklah tanpa berpanjang lebar berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Buka CMD dengan menekan tombol windows+R kemudian ketikan CMD lalu enter, atau kalian dapat membuka start lalu mencari aplikasi command prompt


2. Setelah masuk ke CMD kemudian ketikan syntax berikut

netsh
wlan


3. Setelah itu kita akan membuat hotspot yang kita inginkan

set hostednetwork mode=allow ssid=wow key=masukaja 

untuk ssid dan key dapat disesuaikan keinginan.


4. Selanjutnya kita tinggal menyalakan hostednetworknya. apabila 'hostednetwork has been started' berarti hotspot sudah nyala, apabila failed berarti driver atau adapter tidak support, coba install driver wifi yang lain.

start hostednetwork



5. Untuk melihat siapa saja yang sudah terhubung ke hotspot kalian, kalian dapat mengetikkan syntax berikut

show hostednetwork


Karena belum ada yang terhubung ke hotspot maka client nya 0, apabila sudah ada yang terhubung maka akan muncul jumlah client beserta mac addressnya.

6. Apabila kalian ingin mematikan hostednetworknya, ketikan syntax berikut ini

stop hostednetwork


Sedikit saran saja, apabila kalian ingin menyalakan hotspot kalian lagi, kalian hanya perlu mengetikkan 'start hostednetwork' tanpa perlu mensetting ulang.

Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. apabila ada yang masih belum paham kalian dapat bertanya di kolom komentar atau dapat juga menonton tutorial di channel youtube Pintar Network. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel kali ini bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb


Tutorial Video


2 comments: