Membatasi Tipe File Tertentu pada File Sharing Samba di Ubuntu 16 - Pintar Network

Latest

Pintar Network merupakan sebuah website yang berisi informasi serta tutorial seputar Jaringan, Komputer dan juga IT.


Monday, September 23, 2019

Membatasi Tipe File Tertentu pada File Sharing Samba di Ubuntu 16


Assalamu'alaikum wr.wb

Sebelumnya kita telah belajar bagaimana cara Konfigurasi File Sharing Menggunakan Samba di Ubuntu 16. Kali ini kita akan belajar bagaimana cara membatasi tipe file tertentu agar tidak dapat diupload pada folder sharing file samba, sebagai contohnya kita dilarang untuk membagikan file dengan format .mp4 dan .mkv pada folder sharing file.


Baiklah langsung saja, pada artikel kali ini, kalian kami anggap telah menginstall samba dan telah berjalan dengan baik, berikut adalah langkah-langkah untuk membatasi tipe file tertentu pada sharing file samba :

1. Buka file konfigurasi utama samba pada '/etc/samba/smb.conf' dengan mengetikkan perintah berikut

nano /etc/samba/smb.conf

2. Selanjutnya cari pada bagian konfigurasi sharing file yang telah kalian buat pada konfigurasi sebelumnya (Konfigurasi File Sharing Menggunakan Samba di Ubuntu 16). Ubah konfigurasi nya seperti berikut ini

[File Sharing]
path = /home/share
security = share
browseable = yes
writeable = yes
guest ok = yes
veto files = /*.mp4/*.mkv/
delete veto files = yes

3. Setelah itu simpan konfigurasinya dan restart service sambanya dengan mengetikkan perintah berikut

/etc/init.d/samba restart

4. Tes apakah konfigurasi kita telah berjalan dengan baik dengan mengupload file .mp4 pada folder Sharing File


Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa file dengan format .mp4 tidak dapat di upload ke folder Sharing File yang menandakan bahwa konfigurasi kita telah berjalan dengan baik.

Nah itu tadi langkah-langkah untuk membatasi tipe file tertentu pada sharing file samba di ubuntu 16, cukup mudah dan simple kan, tidak hanya membatasi file berekstensi tertentu, hal tersebut juga dapat mengamankankan folder kita dari file-file yang dicurigai mengandung virus.

Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, apabila ada yang masih belum paham tentang artikel kali ini, kalian dapat bertanya dikolom komentar. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Terimakasih.

Wassalamu'alaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment