Pertama Kali Mengakses Mikrotik - Pintar Network

Latest

Pintar Network merupakan sebuah website yang berisi informasi serta tutorial seputar Jaringan, Komputer dan juga IT.


Friday, February 2, 2018

Pertama Kali Mengakses Mikrotik

pertamakali mengakses mikrotik


1. Winbox dan MAC-Winbox

Winbox adalah sebuah software atau utility yang di gunakan untuk meremote sebuah server mikrotik kedalam mode GUI (Graphical User Interface) melalui operating system windows.


Cara mengakses Router Mikrotik melalui winbox :

1. Siapkan alat-alat seperti Router, aplikasi Winbox, kabel UTP/STP, dll serta pasang sesuai dengan topologi

2. Buka aplikasi winbox yang telah anda install, apabilla kalian belum memiliki aplikasinya kalian dapat mendownloadnya disini.

3. Pada aplikasi winbox pilih tab neighbor, maka akan muncul daftar router yang terhubung dengan laptop kalian


Apabila router dan laptop kalian sudah terpasang ip maka klik pada bagian ip router yang ingin kalian remote, namun apabila belum kalian dapat mengklik bagian MAC address. Perlu diingat apabila kalian ingin mengkonfigurasi router mikrotik maka saya sarankan untuk menggunakan IP, karena lebih secure, dan juga kalian hanya dapat mengkonfigurasi router mikrotik dengan menggunakan MAC address apabila kalian terhubung secara fisik dengan router tersebut, namun apabila router kalian memiliki IP public maka kalian bisa meremote nya dari jarak jauh dengan memasukkan IP public dari router kalian.

3. Selanjutnya masukkan username dan password dari router mikrotik kalian, secara default, username = 'admin' dan password = kosong , kemudian klik connect. 

4. Berikut adalah tampilan dari menu konfigurasi router mikrotik melalui winbox



2. Webfig dan Quick set

Webfig

WebFig adalah tools/utility untuk meng-konfigurasi Mikrotik Router via Web browser. WebFig dapat diakses langsung dari router dan tidak memerlukan software atau aplikasi tambahan [kecuali browser].

Karena WebFig bersifat independent maka memungkinkan untuk mengkonfigurasi router langsung menggunakan beragam mobile device tanpa membutuhkan software yang spesific.

WebFig di desain sedemikian rupa sebagai alternatif pengganti WinBox, dengan kemampuan mengakses fitur router yang sama dengan menggunakan WinBox.

Cara menjalakannya :

1. Pastikan kalian telah terhubung dengan router, dan router telah dipasangi IP satu network dengan kita
2. Buka browser kalian, lalu masukkan ip router ke address bar 
3. Masukkan username dan passsword router kalian lalu klik login

 

4. Berikut adalah tampilan dari webfig router mikrotik



Quick set

Pada Mikrotik RouterOS versi 5.15 telah diperkenalkan menu baru yaitu Quick Set. Sesuai namanya Quickset ini bisa digunakan untuk melakukan konfigurasi Router secara lebih cepat. Jika biasanya dalam melakukan setting Mikrotik kita perlu mengakses banyak menu, dengan Quickset kita tidak perlu melakukan itu. 

Pengaturan standard yang diperlukan untuk terkoneksi ke internet dan untuk distribusi LAN sudah tersedia pada Quickset. Menu Quickset hanya terdapat pada Routerboard yang memiliki interface wireless, baik yg bisa berfungsi sebagai AP (Lisensi Level 4) atau CPE (Lisensi Level 3), Anda bisa mengakses Quickset pada menu paling atas ketika anda remote router via winbox ataupun webfig.



3. Konfigurasi Default

Apabila kita membeli router baru dan pertama kali kita login maka akan muncul pemberitahuan untuk default konfigurasi.

Default konfigurasi adalah konfigurasi yang ada pada router ketika kita baru membeli mikrotik. Jadi secara default sebenarnya kita bisa langsung menggunakan router ini tanpa perlu menambahkan setingan apapun. tetapi default konfigurasi ini akan menggangu jika kita akan menambahkan konfigurasi tambahan. oleh karena itu kita akan me-remove konfigurasi ini terlebih dahulu.

Untuk meremove konfigurasi ini cukup mengklik Remove Configuration ketika kita menjalankan router mikrotik menggunakan winbox.


Selanjutnya kita akan ter-disconnect dari router mikrotik. disini kita perlu menunggu sebentar sekitar 1 sampai 2 menit. Setelah menunggu sebentar kita klik reconnect agar kita dapat kembali masuk kedalam mikrotik. Setelah masuk kembali ke dalam mikrotik kalian dapat mengkonfigurasinya sesuai dengan kebutuhan.

No comments:

Post a Comment